1. Membela negara pada hakikatnya adalah . . .
A. Sikap cinta terhadap tanah air.
B. Menolak semua bentuk invertensi.
C. Membanggakan suku bangsa dan daerahnya sendiri.
D. Sikap taat dan patuh terhadap peraturan perundangan yang berlaku.
2. Salah satu alasan yang menyebabkan warga negara wajib membela negara adalah karena . . .
A. Melaksanakan amanat undang-undang.
B. Sudah diwajibkan oleh negara.
C. Cinta terhadap negaranya.
D. Sebagai perwujudan sikap patuh terhadap aparat negara.
3. Pada umumnya setiap negara memiliki sifat-sifat seperti . . .
A. Memaksa, monopoli, monologi.
B. Monopoli, memaksa, mencangkup semua.
C. Menguasai, monopoli, memaksa.
D. Monopoli, memaksa, mempunyai sanksi yang tegas.
4. Unsur memaksa dalam suatu negara dapat dilihat misalnya dalam hal . . .
A. Menetapkan tujuan bersama.
B. Menganut aliran kepercayaan.
C. Memperkuat peraturan perundangan.
D. Kewajibannya harus membayar pajak.
5. Berikut ini asal mula terjadinya negara, kecuali berdasarkan . . .
A. Teori kontrak sosial.
B. Teori kekuatan.
C. Teori teoraksi.
D. Teori kontroversional.
6. Makna sikap rela berkorban adalah . . .
A. Menumbuhkan sikap bekerja keras.
B. Menumbuhkan sikap pengabdian yang tulus.
C. Meningkatkan kemampuan hidup mandiri.
D. Mengembangkan kepribadian yang mantab.
7. Contoh perilaku baik yang dijiwai oleh kedasaran berbangsa dan bernegara adalah . . .
A. Kerja sama.
B. Rela berkorban.
C. Kewaspadaan.
D. Bekerja keras.
8. Berikut ini contoh sikap bela negara yang dapat dilakukan di sekolah adalah . . .
A. Selalu memakai seragam sekolah.
B. Mentaati peraturan tata tertib sekolah.
C. Menghormati bendera merah putih setiap hari.
D. Melaksanakan himbauan dan perintah guru.
9. Peran peserta didik dalam upaya pembelaan negara di lingkungan sekolah adalah . . .
A. Mentaati nasehat guru bilamana perlu.
B. Belajar dengan tekun dan rajin.
C. Menguasai ilmu kemiliteran.
D. Berjuang melawan penjajah.
10. Bagi pelajar, sikap cinta tanah air dapat diwujudkan dengan cara . . .
A. Bekerja keras untuk mencapai kehidupan yang berkecukupan.
B. Giat belajar demi kepentingan keluarga, bangsa, dan negara.
C. Mempelajari sejarah perjuangan dan pahlawan.
D. Mendalami berbagai bidang ilmu pengetahuan.
11. Bentuk penghormatan terhadap para pahlawan adalah . . .
A. Rajin belajar dan disiplin menjadi pejabat pemerintah.
B. Mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.
C. Berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan hidup yang layak.
D. Menghormati para pahlawan pada waktu upacara bendera.
12. Rasa bangga terhadap bangsa dan negara harus dimiliki oleh . . .
A. Cendekiawan dan budayawan.
B. Seluruh warga RI.
C. Para polisi.
D. Pejabat negara.
13. Tujuan negara Republik Indonesia secara tegas tercantum dalam . . .
A. Pancasla dan peraturan perundangan.
B. Garis-garis Besar Halauan Negara.
C. Pembukaan UUD 1945 alinea 4.
D. Pasal-pasal dalam UUD 1945.
14. Tindakan di bawah ini yang tidak memiliki semangat kepahlawanan adalah . . .
A. Berkorban untuk negara.
B. Membela kebenaran dan keadilan.
C. Mencintai bangsa dan negara.
D. Menjadi saksi palsu.
15. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Ketentuan ini diatur dalam UUD 1945 Pasal . . .
A. 27 ayat (1)
B. 27 ayat (3)
C. 30 ayat (1)
D. 30 ayat (3)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar