Kamis, 22 Januari 2015

ANDERS CELCIUS (1701-1744)

     Masa kecil Anders Celcius tidak banyak diketahui.  Dia lahir di Uppsala, Swedia, pada 1701. Dibesarkan dalam lingkungan keluarga ilmuwan, dia telah menunjukkan bakat menonjol dalam bidang matematika sejak usia belia. Ayahnya adalah seorang profesor bernama Nils Celcius. Sementara kakeknya adalah profesor astronomi bernama Magnus Celcius.

     Keluarga besar Celcius adalah ilmuwan yang disegani. Pada usia29 tahun, dia menjadi profesor bidang astronomi di Universitas Uppsala. Mulai tahun 1732, dia banyak melakukan kunjungan ke berbagai observatorium di Eropa dan melakukan kerja sama dengan beberapa astronom terkemuka. Dia melakukan penelitian dan observasi di bidang geografi, meteorologi, dan astronomi.

     Pada 1733, Celcius menerbitkan ratusan hasil observasi di Nuremberg, Jerman, termasuk hasil observasi aurora borealis, pengukuran geografis peta umum Swedia, dan penelitian lain di bidang astronomi dan meteorologi. Dia kembali ke Uppsala pada 1736 setelah mengikuti perjalanan bersama astronomi lain ke Tornes, Swedia. Tujuan perjalanan tersebut adalah mengukur besar derajat meridian atau bujur mendekati daerah kutub. Hasil penelitian ini dibandingkan dengan penelitian serupa di Peru yang letaknya dekat dengan garis ekuator. Perjalanan tersebut membuktikan teori Newton bahwa bentuk bumi adalah elips dan rata pada kutubnya.

     Celcius juga merupakan salah satu orang yang mula-mula menyatakan bahwa daratan di negara-negara kawasan Nordik secara perlahan naik di atas permukaan laut, sebuah proses yang telah berlangsung sejak mencairnya es dari zaman es. Untuk keperluan observasi meteorologisnya, dia menciptakan sebuah termometer yang memiliki titik beku 0 derajat dan titik didih 100 derajat. Pada mulanya, termometer tersebut disebut termometer skala derajat sentigrade. Kemudian, pada 1984, The Ninth General Confence on Weights dan Measures mengubah nama derajat sentigrade menjadiderajat Celcius, sebagai bentuk penghargaan kepada Anders Celcius.

     Celcius juga mengumumkan hasil penelitian dan kerjanya di Perhimpunan Ilmuwan Uppsala yang didirikan pada 1710. Di dalam organisasi tersebut dia menjabat sebagai sekertaris dari tahun 1725-1744. Dia juga memimpin hampir 20 penelitiannya di bidang astronomi.

     Celcius menulis buku berjudul Arithmetics for the Swedish Youth pada 1741. Dia meninggal pada April 1744 karena menderita TBC. Waktu itu usianya 43 tahun. Jenazahnya  dimakamkan di dekat pusara kakeknya di wilayah Gereja Gamla Uppsala di Swedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar