Kamis, 22 Januari 2015

POLUSI UDARA

Indonesia termasuk negara penyumbang polusi udara terbesar di dunia. Mengapa? Karena jumlah kendaraan di Indonesia yang terlalu banyak, itu faktor utamanya. Nah, post kali ini akan membahas tentang polusi udara. 
Dampak polusi udara:
1. Rumah kalian memakai pendingin ruangan atau AC? Sebenarnya ada yang salah dengan diciptakannya AC. Begini, AC itu digunakan untuk mendinginkan ruangan. Tetapi apa efek sampingnya? AC menghasilkan CFC. CFC mengakibatkan kerusakan berupa lubang-lubang pada lapizan ozon sehingga radiasi ultraviolet B dapat memasuki bumi secara langsung. Karena lubang pada lapisan ozon itu, udara di bumi makin panas. Jadi AC memiliki dua fungsi, mendinginkan ruangan dan memanaskan bumi. Gimana tuh? Lalu kenapa AC masih digunakan? Bukankah kalau AC tidak digunakan maka gas CFC tidak akan timbul dan tidak merusak lapisa ozon. Jika lapisan ozon tidak rusak maka hawa tidak akan menjadi panas. Kalau hawa tidak panas maka AC tidak dibutuhkan. 
2. Tahu efek rumah kaca? Bukan band lho ya, haha. Efek rumah kaca itu kira-kira begini. Pernah melihat ruangan yang terbuat dari kaca, biasanya digunakan untuk menyimpan tanaman. Ruangan itu berfungsi memantulkan sinar matahari sehingga ruangan tetap hangat. Tapi kejadian seperti itu terjadi kepada bumi. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang jika terlalu banyak digunakan akan berdampak buruk. Sinar matahari yang masuk ke bumi seharusnya memantul dan kembali ke luar angkasa. Tetapi tidak dengan bumi yang sekarang. CO2 menutup jalan keluar sinar matahari tersebut. Sehingga UV tidak bisa keluar bumi, dan memantul kembali ke bumi. Memang tidak 100% sinar UV kembali ke bumi, tapi sebagian besar dari sinar UV kembali ke bumi. Ini juga yang mengakibatkan suhu di bumi makin panas. CMIIW
Cara mengatasi polusi udara:
1. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. 
Asap yang dihasilkan kendaraan bermotor mengandung CO2. Agar CO2 berkurang, maka kendaraan bermotor juga harus dikurangi. Ada beberapa cara mengurangi kendaraan bermotor.
a. Mengurangi penjualan kendaraan bermotor. Jika pemerintah berani membatasi penjualan kendaraan bermotor, maka CO2 akan berkurang cukup banyak. Namun hal ini sulit dilakukan karena penjualan kendaraan termasuk bisnis negara. Seperti Singapura, pemerintah disana membatasi penjualan kendaraan. Pendapatan negara Singapura juga lebih banyak dari bidang pariwisata, maka mereka tidak terlalu tergantung dengan penjualan kendaraan bermotor.
b. Jika kendaraan bermotor dikurangi, lalu masyarakat berpergian menggunakan apa? Kendaraan umum. Jika pemerintah membatasi penjualan kendaraan, pemerintah juga harus berani membenahi fasilitas kendaraan umum agar masyarakat tidak perlu membeli kendaraan karena kendaraan umum sudah tersedia dengan baik.
2. Menanam pohon. Pohon merupakan penghasil oksigen dan untuk menghasilkan oksigen tersebut pohon membutukan CO2. Jika di bumi ini tumbuh banyak pohon, maka CO2 dapat dikurangi karena pohon akan menyerap CO2. Bahkan setelah itu akan keluar oksigen yang sangat kita perlukan untuk bernafas. Sayangnya sekarang lahan untuk pohon sudah mulai berkurang karena manusia membutuhkan tempat untuk tinggal dan keperluan lainnya.
3. Mengurangi AC. Jelas bukan? Sudah aku jelaskan diatas.
Itu beberapa hal yang bisa aku jelaskan tentang polusi udara. Yang terpenting adalah menjaga udara agar tetap bersih, karena udara bersih akan menguntungkan kita juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar