Kamis, 05 Februari 2015

Apa itu Hominid? Definisi, Klasifikasi & Anggotanya


Hominid adalah famili biologi dimana manusia menjadi anggotanya.
Secara informal, anggota hominid dikenal sebagai Great Apes dan memiliki empat genera: manusia, simpanse, gorila, dan orangutan.
Hominid dapat dipecah menjadi dua subfamili, Ponginae, yang mencakup orangutan (Pongo) dan Hominae, yang meliputi gorila (Gorilla), simpanse (Pan), manusia, serta kerabat dekat manusia yang sudah punah seperti Neanderthal (Homo).
Definisi “hominid” telah mengalami perubahan beberapa kali. Pada satu titik, hominid hanya digunakan untuk menyebut manusia dan kerabat dekatnya yang sudah punah.
Hominid, terutama manusia, dianggap sebagai famili biologis yang paling cerdas di bumi.
Produk kecerdasan manusia tidak perlu diragukan lagi terlihat di mana sementara tanda-tanda kecerdasan pada hewan lain mungkin nampak lebih samar.
Hominid diperkirakan telah menghuni bumi selama sekitar 7 juta tahun. Sekitar 6 juta tahun yang lalu, garis evolusi memunculkan manusia terpisah dari simpanse.
Dalam konteks kemiripan genetis, manusia dan simpanse memiliki hubungan paling dekat, diikuti oleh gorila dan orangutan.
Semua hominid memiliki kesamaan genetik setidaknya 97% dengan manusia modern .
Hominid hidup dalam kelompok sosial dan beberapa diantaranya menggunakan alat-alat sederhana, seperti tongkat untuk menangkap serangga.
Selain subset dari manusia, sebagian besar hominid merupakan vegetarian.
Studi pada fosil hominid, seperti Australopithecus “Lucy” telah menghasilkan sejumlah besar informasi yang berguna tentang hubungan antara genera yang berbeda dalam keluarga hominid.
Beberapa spesies hominid telah punah. Beberapa diantaranya termasuk Gigantopithecus, Sivapithecus, Lufengpithecus, Ankarapithecus, Paranthropus, dan Ouranopithecus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar