Jumat, 27 Februari 2015

Apa itu Menara London? Fakta, Sejarah & Informasi Lainnya

menara london 


Menara London (Tower of London) adalah kompleks istana bersejarah yang terletak di tepi Sungai Thames di London, Inggris.

Dalam sejarahnya, Menara London memiliki berbagai fungsi historis, mulai dari penjara untuk tahanan berpangkat tinggi seperti Elizabeth I, hingga menjadi rumah permanen untuk Crown Jewels of England.

Saat ini, kompleks menara terbuka untuk pengunjung dengan sejumlah pajangan benda historis sehingga bisa dinikmati khalayak.

Nama resmi dari Menara London adalah Her Majesty’s Royal Palace dan Fortress the Tower of London, meskipun nama ini tidak terlalu tepat karena sebenarnya terdapat beberapa menara di kompleks tersebut.

Salah satu menara yang paling terkenal adalah White Tower, yang dibangun oleh William Sang Penakluk pada tahun 1078.

Bangunan benteng lantas ditambahkan oleh Richard si Hati Singa dan Henry III, sehingga menciptakan kompleks dinding (benteng) dan menara seperti yang bisa dilihat saat ini.

Henry III juga menggunakan kompleks menara sebagai Royal Residence, meskipun tidak lagi digunakan untuk tujuan ini.

Menara London merupakan salah satu benteng paling terkenal di London karena sejarah panjang yang dimilikinya.

Kompleks ini mungkin paling dikenal karena fungsinya sebagai penjara dan tempat eksekusi bagi tahanan berpangkat tinggi.

Banyak tahanan dibawa ke Menara melalui Gerbang Pengkhianat (Traitor’s Gate), sebuah pintu masuk melalui Sungai Thames sehingga tidak menarik perhatian publik.

Banyak tahanan menghabiskan waktu yang lama di menara, dengan sejumlah tulisan dan gambar mereka dari periode tersebut turut dipamerkan di sana.

Hukuman gantung biasanya dilakukan di Tower Hill, sebuah lokasi yang lebih tinggi di barat laut kompleks.
Sejumlah hukuman mati dilakukan dalam kompleks menara. Hukuman mati untuk Anne Boleyn, misalnya, dilakukan di Menara Hijau.

Dinding kompleks pada suatu masa juga pernah digunakan untuk memamerkan kepala penjahat yang dieksekusi, praktek yang umum dilakukan di Abad Pertengahan.

Pada tahun 1300-an,Menara London juga menjadi tempat resmi untuk Crown Jewels. Tempat ini juga sempat digunakan sebagai sejenis kebun binatang dan gudang senjata.

Uang dan emas batangan juga tersimpan di sana, mungkin karena tempatnya yang dinilai sangat aman.
Dua fitur dari Menara sering menjadi perhatian banyak tamu. Salah satunya adalah penjaga tradisional, Beefeaters, yang bertanggung jawab menjaga kompleks dan melayani para pengunjung. Beefeaters sering pula menjadi pemandu tur untuk wisatawan.

Ciri khas lain adalah adanya burung gagak yang ditemukan di Menara London. Burung ini dikatakan sebagai simbol dari Kerajaan Inggris. Legenda menyatakan Kerajaan akan runtuh jika burung gagak terbang meninggalkan menara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar