Jumat, 06 Februari 2015

Cornelius van Drebbel (1572-1633). PENEMU KAPAL SELAM

Penemuan kapal selam merupakan suatu kemajuan tersendiri dalam dunia perkapalan. Dengan kapal selam, manusia dapat menjelajah bagian dalam samudera, baik untuk kepentingan penelitian maupun untuk kepentingan yang lain, misalnya perang. Namun, tentu saja tujuan utama diciptakannya kapal selam bukan untuk perang.

Kapal selam sendiri secara praktis terwujud melalui rentang waktu yang panjang. Rancangan dimulai dari sketsa yang awalnya dibuat oleh Leonardi da Vinci sampai perwujudan kapal selam yang sebenarnya, yang dibuat oleh Cornelius van Drebbel.

Beberapa sumber bahkan menyebutkan usaha merancang kapal selam sudah dimulai jauh sebelum Leonardo da Vinci membuat sketsa kapal selam.

Dari banyak ahli yang telah mencoba membuat kapal selam, Cornelis Jacobszoon Drebbel atau Cornelius van Drebbel diyakini sebagai penemu atau pembuat kapal selam praktis yang pertama. Namun demikian, kapal selam yang ia wujudkan tidak terlepas dari beberapa penumuan yang sebelumnya telah diperoleh beberapa ahli lain. Disebutkan dalam beberapa sumber, walaupun Drebbel merupakan pengembangan dari rancangan Willian Bourne pada 1578.

Cornelius van Drebbel lahir di Alkmaar, Belanda pada 1572 dan meninggal pada 7 November 1633 di Kota London, Inggris. Ia adalah seorang berkebangsaan Belanda yang bekerja untuk Raja James I di Inggris dan berhasil membuat kapal selam pada 1620. Kapal selam pertama yang ia bangun terbuat dari kayu yang dibalut dengan kulit binatang agar tidak kemasukan air. Uji coba terhadap kapal selam tersebut dilakukan di sungai Thames, London di kedalaman sekitar 4 meter. Adapun rentang waktu kapal selam beroperasi di dalam sungai kurang lebih selama 2-3 jam. Pada tahap selanjutnya Cornelius van Drebbel mewujudkan kapal selam yang lebih sempurna, yang dapat membawa 16 penumpang. Kapal itu mampu melakukan perjalanan pulang pergi dari Westminster ke Greenwich di kedalaman sekitar 5 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar