Jumat, 20 Maret 2015

Perbedaan Hari Sidereal Bumi dan Hari Matahari

Bumi adalah planet ketiga dari matahari, dan merupakan planet berbatu dengan benda padat. Bumi berputar pada sumbunya (garis imajiner yang berjalan dari Kutub Utara ke Kutub Selatan) dalam arah berlawanan dengan arah jarum jam. Sudut sumbu di mana Bumi berputar dimiringkan dari sudut di mana Bumi mengorbit matahari: bayangkan berdiri tegak karena mengorbit matahari – tapi berputar pada sedikit ramping. Ini disebut “kemiringan sumbu”. Gambar di bawah ini adalah keterangan hubungan antara Axial miring, sumbu rotasi, bidang orbit, dan khatulistiwa. Bumi ditampilkan sebagai dilihat dari matahari; arah orbit adalah berlawanan arah jarum jam.

Hari Sidereal Bumi dan Hari Matahari

Ada dua cara di mana para ilmuwan mengukur jumlah waktu yang dibutuhkan planet untuk memutar yakni waktu yang dibutuhkan untuk memutar dibandingkan dengan bintang disebut hari sidereal dan waktu yang dibutuhkan untuk memutar dibandingkan dengan Matahari disebut hari matahari.
Hari sidereal Bumi adalah 23,93 jam, sedangkan hari matahari dari adalah 24 jam. Jika Anda melihat pada satu titik di khatulistiwa, dan mengukur berapa jarak yang melakukan perjalanan selama periode ini (40.075 km), Anda dapat menghitung bahwa khatulistiwa Bumi melakukan perjalanan pada kecepatan 1,674.4 kilometer per jam, atau 1,040.4 mil per jam sebagai bumi berputar.
Setiap planet di tata surya memiliki waktu rotasi sendiri. Surya hari dan sidereal hari Bumi hampir sama, tetapi beberapa planet lain yang sangat berbeda. Bintang hari Merkurius setara dengan 59 hari, tapi hari matahari adalah 176 hari! Kebanyakan planet memiliki hari matahari yang lebih lama dari hari sidereal mereka, tetapi tidak semua dari mereka. Sebagai contoh, Venus bintang hari adalah 243 hari, tapi hari matahari adalah 117 hari bumi! Hal ini karena Venus adalah salah satu dari hanya dua planet di tata surya (yang lain menjadi Uranus) yang telah apa yang disebut “retrograde” rotasi. Ini berarti bahwa mereka memutar dalam arah yang berlawanan ke Bumi dan planet-planet lainnya.
Rotasi planet terjadi karena bagaimana sistem tata surya kita terbentuk. Tata surya kita dimulai sebagai awan besar yang terdiri dari gas dan debu. Awan perlahan runtuh, dan diratakan ke disk raksasa yang berputar sangat cepat . Matahari berada di pusat, dan gas berputar-putar dan debu mengelompok bersama-sama untuk membentuk planet kita. Sedangkan tata surya itu membentuk, banyak asteroid dan komet juga berputar di awan gas dan debu. Mereka kadang-kadang bertabrakan dengan planet-planet, dan ketika mereka mengetuk satu sama lain mereka menyebabkan satu sama lain untuk mulai berputar. Ini adalah apa yang menyebabkan planet-planet mulai berputar di tempat pertama.
Fakta yang menarik adalah bahwa rotasi bumi sebenarnya melambat dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan oleh “gaya pasang surut” antara Bumi dan Bulan. Sisi yang paling dekat ke Bulan seperti berputar ditarik lebih kuat dengan kekuatan pasang surut Bulan; sisi yang jauh dari Bulan ditarik lebih lemah. Pasukan pasang surut menarik pada air di , dan ini adalah apa yang menyebabkan pasang surut untuk masuk dan keluar.
Para ilmuwan berpikir bahwa Bulan terbentuk jika benda ruang besar bertabrakan dengan . Ini tersingkir sepotong besar batu yang menjadi Bulan. Ketika Bulan pertama kali dibentuk, itu lebih dekat ke . Saat gravitasi Bulan menarik di Bumi, menyebabkan pasang surut, ini menciptakan gesekan yang memperlambat seberapa cepat dapat memutar: ini berarti bahwa rotasi bumi melambat sedikit setiap tahun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar