Jumat, 20 Maret 2015

Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum terdiri atas masa Trias, Jura, dan Kretaseus. Ketiga masa ini disebut tingkat kehidupan pertengahan. Keadaan iklim pada waktu itu bersifat panas dan basah. Hal ini dapat di ketahui dari pertumbuhan dan perkembangan flora dan fauna pada saat itu. Pada zaman ini mulai berkembang tumbuhan berdaun lebar, hewan melata, amfibi, ikan, dan mamalia pertama. Penyebaran flora dan fauna pada waktu itu masih terbatas.

Pada akhir masa Trias, benua Pangea yang telah terbentuk mulai terpecah akibat gaya-gaya tektonik menjadi benua Laurasia di utara dan benua Gondwana di selatan. Pangea di kelilngi oleh  samudra yang disebut Panthalassa sehingga pada bagian tepinya mengalami iklim muson, sedangkan iklim dibagian tengah tetap hangat dan kering. Hewan khas pada masa Trias adalah berbagai jenis Dinosaurus yang mendominasi bumi, mulai dari daratan hingga lautan.

Di akhir masa Trias kembali terjadi kepunahan massal, tetapi dinosaurus tetap bertahan hingga ke masa Jura dan Kretaseus. Pada awal masa Jura, benua Laurasia dan Gondwana kembali terpecah. Laurasia terpecah menjadi Amerika Utara dab Eurasia, Gondwana baru terpecah pada pertengahan masa Jura. Bagian timurnya menjadi Antartika, Madagaskar, India, dan Australia. Di sisi barat, Gondwana terurai menjadi Afrika dan Amerika Selatan. Lautan-lautan baru terbentuk serta menjadi pengangkatan dasar laut hingga menyerupai dengan daratan yang sudah ada membentuk pegunungan.

Zaman kehidupan pertengahan keadaan alamnya sudah membaik namun keadaan iklim, terutama di daerah dataran yang berada di bawah permukaan laut sering mengalami perubahan suhu. Banyak ditemukan hewan berjenis reptil dan amfibi memiliki tubuh yang besar. Zaman berkembangnya jenis reptil yang memiliki tubuh besar seperti dinosaurus, tyranosaurus dan brontosaurus. Komodo yang ada di Indonesia merupakan salah satu jenis Reptil raksasa yang masih bertahan hidup hingga saat ini.

Zaman Mesozoikum (Zaman Sekunder) diperkirakan berumur kurang lebih 150 juta tahun yang lalu. Kemunculan makhluk hidup telah mulai beraneka ragam, dan pada masa ini telah hidup binatang bertubuh besar seperti halnya reptil besar (dinosaurus) seperti Tyrannosaurus, Spinosaurus, Stegosaurus dan reptil besar lainnya pun mulai muncul, berkembang dan menyebar hingga ke seluruh dunia.
 
Ciri-ciri zaman mesozoikum:
  1. Terdapat banyak hewan reptil seperti dinosaurus
  2. Iklim bumi mulai hangat
  3. Merupakan dasar dari kehidupan modern
  4. Berlangsung sekitar 150 juta tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar