Jumat, 20 Maret 2015

Jenis-Jenis Awan

Awan yang dibuat oleh sistem penguapan dan kondensasi.  Di udara ada sejumlah uap air, yang Anda tidak dapat melihat. Ketika air dalam ketel mendidih itu mulai menguap, yang berarti bahwa itu berubah menjadi uap dan diserap ke udara.Atmosfer kita, udara yang kita hirup, adalah terpanas saat terdekat dengan bumi. Semakin tinggi permukaan bumi, atmosfir  menjad semakin dingin.
Sebagai uap air di dekat udara yang lebih hangat dengan kenaikan bumi, memenuhi udara dingin. Uap sekarang mengembun dan berubah menjadi tetes kecil air atau es. Tetes ini tidak jatuh kembali ke bawah karena dorongan konstan ke atas dari arus hangat . Ini arus hangat dari udara mendorong dari bumi menjelaskan mengapa beberapa burung dapat mengapung di langit tanpa mengepakkan sayap mereka. Anda juga mungkin telah menyaksikan berlayar glider langit tanpa mesin, didukung pada arus udara yang datang dari bawah.
Tetes kecil air dan es bergabung bersama untuk membentuk awan. Awan terlihat putih karena sinar matahari dari atas mencerminkan dari mereka. Jika awan sangat tebal dan berat, sinar matahari tersebar dari atas dan awan terlihat abu-abu atau hitam.

Jenis-Jenis Awan

Awan dibagi menjadi empat jenis :
  1. Cirrus, tertinggi dari keluarga awan
  2. Cumulus, awan seperti bantal putih lembut yang kita tahu yang terbaik dari semua
  3. Stratus, yang terendah dari keluarga awan
  4. Nimbus adalah awan yang membawa kita hujan dan salju. Kata nimbus ditambahkan ke jenis awan lainnya.
Ketika kita melihat awan cumulonimbus, misalnya, kita tahu akan ada badai dan hujan lebat. Meteorologi (ilmuwan yang mempelajari cuaca) membagi ini menjadi beberapa formasi awan yang lebih, seperti cirrocumulus (campuran cirrus cumulus dan) atau altocumulus (cumulus tinggi) atau stratocumulus (campuran stratus dan cumulus).

Awan Cirrus

Awan Cirus
Awan Cirrus membentuk lapisan awan tertinggi.Mereka terbuat dari partikel-partikel uap beku (tetes kecil es). Mereka tipis, awan tipis dan kadang-kadang dikenal sebagai ‘kuda ekor’. Jika ujung awan cirrus yang bengkok ke belakang, seperti pada gambar di atas, ini adalah tanda bahwa angin akan berubah ke arah itu.

Awan Cumulus

Cumulus adalah awan yang kita lihat dalam dongeng-dongeng. Mereka putih, awan bengkak, seperti kapas. Awan Cumulus berarti baik cuaca baik atau hujan angin, seperti yang kita sering memiliki bulan April.

Awan Stratus

Awan Stratus lebih dekat ke tanah kemudian cirrus atau cumulus. Awan Stratus gelap abu-abu dan atau hitam. Mereka berarti hujan.  Stratus sering terbentuk di sekitar puncak bukit. Atmosfir di bawah selembar awan stratus sering sangat jelas dan benda-benda yang jauh seperti bukit 10 mil atau kapal di laut terlihat lebih dekat.

Awan Nimbus

Nimbus pasti hujan atau salju awan. Awan cumulonimbus merupakan campuran awan cumulus nimbus dan awan. Ini adalah tanda bahwa badai mendekati.

Awan di Planet Lain

  • Merkurius memiliki hampir tidak ada atmosfer dan karena itu tidak ada awan.
  • Kita tidak bisa melihat permukaan planet Venus. Hal ini ditutupi dengan awan karbon dioksida (gas Anda bernapas keluar).
  • Atmosfir di Mars terlalu tipis untuk membentuk awan.
  • Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus memiliki awan hidrogen, helium dan amonia beku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar