Jumat, 20 Maret 2015

Jenis-Jenis Isoline dan Kegunaan dalam Meteorologi

Hampir sepanjang sejarah, satu-satunya alat yang memetakan pembuat harus membantu mereka memahami dan menggambarkan bentuk bumi dan benua yang adalah menulis alat pembuat peta dan sendiri dua kaki mereka. Ini benar-benar menakjubkan bagaimana peta yang akurat sedang mempertimbangkan teknologi mereka terbatas. Namun, peta bisa sangat bervariasi tergantung pada siapa yang menciptakan mereka. Yang peta pembuat peta lebih akurat? Itu tidak mungkin untuk tahu. Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi telah meningkat secara dramatis. Teknologi ini memungkinkan kartografer, atau pembuat peta, menggunakan penginderaan jauh untuk mengukur bumi dan membuat peta yang tepat.

Penginderaan jauh adalah teknologi apapun yang dapat digunakan untuk membuat peta tanpa harus secara fisik menyentuh wilayah yang sedang dijelaskan. Teknologi-teknologi penginderaan jauh sering dikerahkan dari pesawat atau satelit. Foto udara adalah jenis pertama penginderaan jauh dimanfaatkan oleh kartografer, atau pembuat peta. Pada 1858, para pembuat peta Perancis menggunakan balon udara panas dan kamera primitif untuk mengambil foto udara pertama.

Jenis-Jenis Isoline dan Kegunaan Isoline menurut Ahli Meteorologi

 

Isoline  untuk perkiraan arah dan kecepatan angin
Isoline untuk perkiraan arah dan kecepatan angin

Dalam Geografi, seringkali diperlukan untuk menggambarkan distribusi pada peta. Mari kita mempertimbangkan contoh bahwa kebanyakan dari kita terbiasa dengan cuaca. Apakah Anda pernah menonton laporan cuaca di berita malam lokal Anda? Salah satu pekerjaan penting seorang ahli meteorologi, atau cuaca , adalah untuk menunjukkan kepada pemirsa distribusi suhu.

Ahli meteorologi menggunakan isoline dengan cepat menunjukkan perbedaan suhu tersebut pada peta. Daerah terpanas sering berwarna merah, daerah yang hangat kuning, dan tempat yang dingin biru. Isoline efektif karena mereka sangat cepat mengkomunikasikan distribusi yang diperiksa.

Selain cuaca, isoline juga dapat digunakan untuk menggambarkan setiap jenis data. Sebagai contoh, peta populasi ini menggunakan isoline untuk mewakili distribusi manusia di sekitar Bumi. Penggunaan umum lain isoline adalah untuk menunjukkan daerah yang dari ketinggian yang sama.

Beberapa isoline memiliki nama tertentu. Sebuah mewakili suhu isoline disebut sebagai isoterm. Sebuah garis kontur merupakan isoline yang menggambarkan elevasi. Isoline yang menggambarkan curah hujan disebut Isohyet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar