Jumat, 20 Maret 2015

Peranan Solstis Zaman Dulu dan Sekarang

Orang-orang zaman dahulu tidak perlu jam untuk melihat bahwa hari lebih pendek selama musim dingin dan lebih lama di musim panas. Mereka yang bijak  bahkan tahu saat solstis atau titik balik matahari (hari terpendek dan terpanjang dalam sebuah tahun) akan datang. Hati-hati dalam menghitung kapan solstis akan membantu mereka dalam merencanakan penanaman  dan panen mereka.  Mereka menggunakan dua hari yang sangat istimewa ini sebagai bentuk kalender. Bagi mereka, tahun dimulai dan berakhir selama solstis atau titik balik matahari Utara.

Apakah Peranan Solstis Zaman Dulu dan Sekarang?


Stonehenge pada zaman dahulu
Stonehenge pada zaman dahulu

Tradisi dan cerita rakyat dari seluruh dunia menunjukkan bahwa pengaruh solstis atau titik balik matahari kuat. Sementara arkeolog (orang yang mempelajari budaya kuno melalui hal-hal yang mereka tinggalkan) tidak memiliki semua jawaban, mereka memiliki informasi yang baik dan beberapa dugaan tentang bagaimana dan mengapa orang dahulu mengamati dan dirayakan baik solstis Utara dan Selatan.
Di Inggris, Stonehenge berdiri sebagai misteri yang berlangsung lama. Tidak ada yang tahu persis apa tujuan itu disajikan, tetapi kita tahu bahwa matahari terbenam pada malam titik balik matahari. Di bagian selatan (musim dingin) di tempat yang sama setiap tahun, jika dilihat dari tengah lingkaran tata letak Stonehenge. Sebuah monumen yang kurang dikenal mirip di Newgrange Irlandia. Tampaknya akan berbaris dengan matahari terbit dari hari yang sama. Mungkinkah monumen kuno telah memberikan sebuah kalender raksasa di mana orang-orang dari masa lalu menonton dan menunggu solstis?. Ada kemungkinan ke arah itu, tetapi tidak ada cara untuk membuktikan atau menyangkal teori itu.

Awal musim dingin penting bagi nenek moyang karena menandai tengah waktu yang paling sulit dari setahun mereka. Musim dingin adalah masa kelaparan dan penyakit. Solstis musim dingin berarti mereka setengah perjalanan untuk musim panas. Mereka menandai waktu dengan pesta. Ternak dibantai, menyediakan daging segar. Bir dan anggur, yang telah difermentasi sepanjang tahun, akhirnya siap untuk diminum. Di Amerika, suku Hopi India berpartisipasi dalam 20 hari doa untuk membantu matahari menemukan jalan kembali kepada mereka. Seluruh belahan bumi utara, orang mengambil keberanian untuk menghadapi musim dingin .
Pertengahan musim panas diamati pada tanggal Solstis Utara. Dengan hari-hari panjang dan malam pendek, orang-orang merayakan kekuatan matahari. Di Irlandia, api unggun yang ditetapkan untuk mencerminkan kekuatan itu. Di Cina, orang merayakan Li, dewi cahaya. Musim panas solstis juga dirayakan oleh penduduk asli Amerika, dari Hopi ke Indian Pueblo, dengan tongkat doa dan pesta. Musim panas ini dirayakan kehidupan. Pertengahan musim panas diamati pada tanggal Solstis Utara. Dengan hari-hari panjang dan malam pendek, orang-orang merayakan kekuatan matahari. Di Irlandia, api unggun yang ditetapkan untuk mencerminkan kekuatan itu. Di Cina, orang merayakan Li, dewi cahaya. Musim panas solstis juga dirayakan oleh penduduk asli Amerika, dari Hopi ke Indian Pueblo, dengan tongkat doa dan pesta. Musim panas ini dirayakan sebagai suatu kehidupan.

Sementara kita mungkin bukan merayakan solstis dengan sebanyak ketekunan karena orang dahulu, itu masih menjadi bagian dari dunia kita. Perayaan Natal, tanggalnya ditetapkan sebagai kelahiran Yesus Kristus, ditempatkan di dekat solstis. (Kebanyakan sarjana pikir dia mungkin lahir pada bulan Februari.) Hanukkah, Festival Cahaya, dirayakan dekat musim dingin solstis. Banyak pasangan masih memilih Juni sebagai bulan mereka menikah. Mereka mungkin tidak tahu mengapa itu adalah bulan pernikahan yang baik, tapi orang dahulu melakukannya. Pasangan yang digunakan untuk menikah pada atau dekat solstis musim panas untuk memberikan pernikahan mereka kesempatan yang lebih baik untuk kebahagiaan dan banyak anak-anak. Tanpa sadar, kita masih mengamati solstis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar