Jumat, 20 Maret 2015

Apa itu Tornado

Sebuah tornado adalah angin ribut yang sangat keras. Dalam tornado udara terkonsentrasi (bersama-sama). Berpusar udara ke atas dengan cepat. Sebuah tornado yang berwarna abu-abu dan tampak seperti belalai gajah bergoyang turun dari awan menyentuh tanah dengan ujungnya. Sebuah tornado hanya tornado jika menyentuh tanah. Jika ujung ‘belalai gajah yang’ tidak menyentuh tanah, badai dikenal sebagai corong. Sebuah tornado bergerak di seluruh negeri. Ini bergerak pada kecepatan antara 25 dan 90 mil per jam. Hal ini dapat menyebabkan banyak kerusakan.

Di Mana Tornado Terjadi

Tornado terjadi di setiap benua di dunia.Tornado paling berbahaya terjadi di negara-negara selatan Amerika Serikat. Ada daerah melalui Texas, Oklahoma, Kansas, Nebraska dan Dajkota yang disebut Tornado Loire. Di daerah pusat benua Amerika biasanya ada sekitar lima puluh tornado tahun. Ada beberapa tornado yang sangat kecil di Inggris yang telah merusak bangunan, tapi ini tidak biasa. Tornado biasanya memiliki diameter (pengukuran dari sisi ke sisi) hanya 25 sampai  50 meter.

Apa Yang Menyebabkan Tornado

Para ilmuwan tidak yakin semua penyebab tornado.  Tornado terjadi ketika angin dingin tinggi memenuhi udara hangat dan angin hangat bawahnya. Hal ini menyebabkan angin berputar-putar dan udara hangat dari bawah ke atas dengan kecepatan bergegas hebat. Sebagai tornado bergerak maju, angin hangat ini bergerak ke atas dapat mengambil benda di jalan.

Apa Perbedaan Antara Tornado dan Badai

Sebuah badai bisa sebanyak 400 mil dari sisi ke sisi.  Sebuah tornado jauh lebih kecil, dengan diameter tidak lebih dari 50 meter. Sebuah badai memiliki wilayah kecil di tengah, yang dikenal sebagai ‘mata badai’, yang tenang. Jika Anda berada di pusat, atau mata, badai, ada teduh sekali dan langit biru di atas Anda. Sebuah tornado memiliki inti pusat arus naik kekerasan udara. Pusat tornado adalah bagian yang paling berbahaya. Sebuah bentuk badai pertama di laut dan dapat bergerak menuju tanah. Tornado terbentuk di darat. Badai seperti tornado tapi yang membentuk di laut disebut puting beliung.

Kerusakan yang Diakibatkan Tornado

Beberapa tornado telah menyebabkan kerusakan parah dan korban jiwa. Salah satu yang terburuk adalah pada Maret 1925 ketika tornado menghantam kota di Annapolis di Missouri, Amerika Serikat. Itu adalah sore yang cerah tenang dan anak-anak sedang bermain kelereng di jalan. Langit cerah dan biru. Tiba-tiba di cakrawala orang melihat awan hitam berbentuk seperti es krim. Tornado berlari di atas kota dengan kecepatan yang hebat, membawa angin 150 kilometer per jam.
Dengan gemuruh memekakkan telinga tornado merobek melalui jalan-jalan, meratakan segala sesuatu di jalan. Bangunan batu padat tercabik-cabik, kereta penumpang diserahkan dan hancur, lima puluh mobil tersapu dan dibawa atas atap.
Jalan tornado adalah kurang dari 250 meter lebar tetapi meninggalkan adegan mengerikan di balik itu, dengan 823 orang tewas dan hampir 3.000 terluka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar