Jumat, 20 Maret 2015

Pengertian Litosfer

Pernahkah anda melihat telur rebus yang sudah dibelah? Bagaimana ketampakannya? Lapisan apa saja yang ada di dalam telur rebus tersebut? Sama dengan telur, lapisan bumi tempat tinggal kita juga mempunyai lapisan-lapisan, mulai dari permukaan bumi sampai ke dalam bumi. Kulit bumi disebut juga litosfer. Litosfer adalah lapisan kulit bumi paling luar yang berupa batuan padat. Kulit bumi mempunyai ketebalan yang tidak merata antara kulit bumi bagian daratan dan bagian bawah samudra , di mana kulit bumi di bagian benua atau daratan lebih tebal daripada di bawah samudra. Bumi terdiri dari lapisan-lapisan. Berikut lapisan –lapisan bumi yang dimaksud.

a. kerak bumi merupakan kulit bumi bagian luar [permukaan bui ]. tebal lapisan kerak bumi mencapai 70 km dan merupakan lapisan batuan yang terdiri dari batu- batuan basa dan masam. lapisan ini menjadi tempat tingggal bagi seluruh mahkluk hidup. kerak bumi terdiri dua bagian yaitu sebagai berikut.

1) Lapisan sial (silisium alumunium)

Mempunyai ketebalan rata-rata kurang lebih 35 km,merupakan lapisan kulit bumi yang terbentuk dari logam silisium dan alumunium dengan senyawanya yang terbentuk SiO2 dan al2 o3. Selain itu, lapisan ini juga mengandung jenis –jenis batuan beku, sedimen, dan metamorf.

2) Lapisan sima (silisium magnesium)

yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun oleh logam-logam silium dan magnesium dalam bentuk senyawa sio2 dan mgO. Lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar daripada lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium,yaitu mineral ferro magnesium dan batuan basalt. bahan lapisan ini bersifat elastis dan mempunyai ketebalan rata-rata 65 km.

b. Selimut atau selubung (mantle) merupakan lapisan yang terletak di bawah lapisan kerak bumi. tebal selimut bumi mencapai 2. 900 km,mencakup sekitar 80%total isi bumi,dan merupakan lapisan batuan padat. suhu di bagian bawah selimut bumi mencapai 3. 000oC.

c. Inti bumi (barisfer) merupakan lapisan inti dari bumi berbahan padat yang tersusun mineral cairan besi dan nikel (disebut juga lapisan nife),jari-jari inti bumi sekitar 3. 470 km. lapisan ini terbagi menjadi inti luar dan inti dalam.

Mengapa lapisan litosfer sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia ? litosfer merupakan bagian bumi yang langsung berpengaruh terhadap kehidupan dan memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan di bumi. litosfer bagian atas merupakan tempat hidup bagi manusia, hewan, dan tumbuhan. manusia melakuka aktivitas di atas litosfer. selanjutnya litosfer bagian bawah mengandung bahan-bahan mineral atau tambang yang berasal dari litosfer bagian bawah di antra nya minyak bumi dan gas, emas,batu bara, besi, nikal, timah, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar