Jumat, 20 Maret 2015

Pengertian satelit dan contoh satelit

Sebuah satelit dapat didefinisikan sebagai benda apapun, baik buatan manusia atau alami, yang mengorbit di sekitar sesuatu yang lain. Sebagai contoh, bulan mengorbit mengelilingi bumi, sehingga memenuhi definisi ini. Bumi adalah satelit matahari. Contoh alami lainnya termasuk komet, bintang, asteroid, dan planet-planet lainnya.
satelit bulan 
 
Sebagai satelit, bulan mengorbit mengelilingi bumi.
Orbit ditentukan oleh tarikan gravitasi dari benda yang dikelilingi oleh badanlainnya. Hal tersebut daerah sekitar dimana lingkaran satelit disebut Badan utama. Badan utama juga dipengaruhi oleh satelit mereka, dan merasakan beberapa tarikan gravitasi mereka. Dalam beberapa kasus, ketika dua benda memiliki ukuran yang sama dan massa, dan tarikan gravitasi yang sama, mereka dapat disebut sistem biner. Beberapa berpendapat bahwa bulan Charon dan Pluto merupakan sistem biner bukan benda primer dan satelit, karena keduanya memiliki massa yang sama.
pesawat  F-22 Raptor
Kinerja tinggi pesawat tempur seperti F-22 Raptor dapat membawa rudal ASAT yang dapat menekan satelit yang mengorbit.
Kebanyakan lebih akrab dengan istilah yang hubungan dengan banyak satelit yang beredar di bumi. Sputnik adalah satelit buatan pertama, yang diluncurkan pada tahun 1957 oleh Uni Soviet. Peluncuran Sputnik hampir analog untuk perlombaan ruang angkasa yang diikuti antara AS dan Uni Soviet. Dalam iklim saat ini, banyak negara telah menemukan bahwa upaya kerja sama yang lebih berhasil dalam eksplorasi dan studi ruang. Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang mengorbit bumi, saat ini adalah satelit buatan manusia terbesar di Ruang angkasa, dan merupakan upaya kerjasama dari berbagai negara.

Satelit buatan manusia diklasifikasikan berdasarkan jenis, dan ada lebih dari sepuluh jenis. Beberapa jenis utama yang digunakan saat ini termasuk astronomi, komunikasi, observasi Bumi, dan satelit cuaca, dan stasiun ruang angkasa. Lainnya termasuk yang digunakan untuk memantau bumi dari sudut pandang militer, dan biosatellites, yang dapat membawa hewan atau bentuk kehidupan lainnya untuk tujuan penelitian tentang bentuk kehidupan bumi di ruang angkasa. Satelit navigasi yang sekarang populer dan menjadi bagian penting dari sistem global positioning (GPS) sekarang tersedia di banyak mobil.
Benda-benda ini juga dapat diklasifikasikan oleh ketinggian di mana mereka mengorbit bumi atau badan lain. Sebuah satelit dengan orbit rendah Bumi mengelilingi planet pada ketinggian 0 sampai 1.240 mil (1,995.59 km). Orbit bumi yang tinggi dapat sejauh 22.240 mil (35,791.81 km). Orbit bumi menengah merupakan jarak di antara orbit bumi tinggi dan rendah.
Perbedaan Selanjutnya ada untuk menggambarkan jenis orbit itu; misalnya, Pluto memiliki orbit sedikit elips. Hal ini juga dapat digolongkan oleh apa yang benda utama yang mengorbit. Sebuah satelit yang mengelilingi bumi memiliki orbit geosentris, misalnya. Bumi dan planet-planet di tata surya ini diklasifikasikan sebagai memiliki orbit heliosentris karena mereka mengelilingi matahari.
Sebuah satelit buatan manusia dapat melayani berbagai tujuan. Orang saat ini menggunakan sistem yang berbeda untuk melacak hal-hal seperti cuaca, untuk membantu pekerjaan ponsel, untuk mencari tahu bagaimana agar mendapatkan suatu tempat, dan untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang Bumi dan sekitar galaksi. Sekitar 5.000 satelit buatan manusia saat ini mengorbit bumi, dan pada malam-malam gelap terlihat jelas, mungkin sering dapat dilihat di salah satu di langit malam. Tentu saja, planet-planet, bintang, dan komet juga satelit. Orang juga harus ingat bahwa bumi tidak stasioner di langit, karena mengorbit matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar