Jumat, 20 Maret 2015

Apa Perbedaan dan Persamaan antara Asteroid dan Komet

Apa pun yang datang dekat dengan bumi dari luar angkasa dikenal sebagai objek dekat bumi (NEO). Ini termasuk asteroid dan komet yang mungkin telah didorong keluar dari arah normal mereka dan kemudian mulai menuju ke bumi. Sementara komet dan asteroid yang termasuk dalam kelompok ini, ada hal-hal yang membuatnya agak sama serta berbeda.

Asteroid
Asteroid

Persamaan Asteroid dan Komet

Mereka diyakini tersisa dari materi pada awal tata surya kita, lebih dari 4 miliar tahun yang lalu. Pada tahun-tahun awal penciptaan bumi, banyak menghantam bumi dan jika Kita melihat bulan, Kita masih bisa melihat kawah yang ditinggalkan oleh dampaknya. Kedua asteroid dan komet memainkan peran utama dalam membangun sistem tata surya kita, karena kita percaya bahwa dalam menabrak planet, mereka benar-benar menjadi bagian dari planet.


Perbedaan Asteroid dan Komet

Perbedaan antara mereka terutama dari apa yang mereka terbuat. Komet terbuat dari batu, es dan senyawa organik. Mereka kadang-kadang disebut ‘bola salju kotor’. Meskipun mereka diperkirakan telah awalnya dibuat di bagian terjauh dari tata surya, mereka melakukan perjalanan jalur khusus karena kedua planet dan tarikan gravitasi matahari. Sedangkan komet mendekati sumber panas dari matahari, es mencair dan menciptakan gas. Ketika melakukan perjalanan, gas ini tercermin dari matahari dan kadang-kadang kita bisa melihatnya dari bumi. Ekor gas bisa selama ribuan mil. Para ilmuwan percaya bahwa ketika bumi pertama kali terbentuk, air yang terkandung dalam komet menghantam bumi dan memberikan kontribusi untuk mengembangkan lautan kita. Ini juga percaya bahwa ini mempengaruhi iklim dan molekul berbasis karbon mungkin disimpan yang mungkin telah membantu untuk memulai kehidupan di planet ini. buruk, sedangkan budaya lain pikir itu baik.


Asteroids terdiri dari batu atau batuan dan beberapa logam, seperti nikel dan besi. Beberapa asteroid tampak seperti salah satu bagian besar sementara yang lain benar-benar kelompok potongan-potongan kecil yang diadakan bersama-sama dengan gravitasi dari seluruh asteroid. Ada sejumlah kecil asteroid yang benar-benar terbakar komet yang kehilangan semua es mereka lama dan melayang di luar angkasa. Hampir semua asteroid berasal dari lintasan asteroid yang ada di antara Jupiter dan Mars. Gravitasi besar Jupiter bertindak menjaga sebagian besar asteroid dari bumi.

Ledakan Asteroid dan mengetuk satu sama lain di jalur asteroid, dan kadang-kadang gaya adalah cukup kuat untuk mengirim satu berputar ke dalam tata surya. Hal ini menempatkan semua planet beresiko karena dipukul. Beberapa asteroid yang lebih kecil telah mendekati bumi dan memecah di atmosfer. Kita menyebutnya dengan ‘bintang jatuh’. Namun demikian, banyak asteroid yang lebih besar di tata surya yang bisa menghantam bumi dan melakukan banyak kerusakan. Untungnya, kita memiliki Jupiter untuk membantu menjauhkan mereka.

Komet tidak pernah benar-benar dianggap sebagai berbahaya, karena biasanya di jalan konsisten jauh dari planet. Hal ini berubah pada tahun 1994, ketika Comet Shoemaker-Levy 9 menghantam Jupiter. Gravitasi Jupiter membuat komet pecah menjadi potongan-potongan kecil dan kedua ilmuwan dan dunia menyaksikan dampak menciptakan bintik-bintik gelap yang besar pada planet raksasa. Sejak itu, banyak negara telah mengembangkan program mereka sendiri dan bekerja sama untuk mengamati untuk setiap asteroid dan komet yang bisa mendekati bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar